Penyebab Utama Laptop / Komputer Menjadi Lambat atau Lelet

Penyebab Utama Laptop / Komputer Menjadi Lambat atau Lelet

Di era serba teknologi sekarang ini laptop merupakan suatu kebutuhan yang mendasar dalam kita bekerja, karena dengan bantuan laptop kita dapat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor dengan cepat. Akan tetapi, tidak sedikit orang yang mengeluh akibat laptopnya yang sudah tidak normal lagi atau kinerjanya menurun. Tentunya itu semua membuat kita merasa jengkel, apalagi jika kita sedang ada kerjaan deadline.

Sebenarnya banyak sekali faktor yang menyebabkan laptop menjadi lelet, salah satunya yakni usia laptop yang sudah tua sehingga spesifikasi yang ada didalamnya pun sudah tertinggal. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan jawaban terhadap pertanyaan anda yakni Penyebab Laptop / Komputer Menjadi Lambat atau Lelet.


1. Space yang terlalu penuh

Ruang maupun Apace yang terlalu penuh pada laptop maupun komputer ini dapat menyebabkan kierja menjadi lambat, karena Space ini merupakan komponen yang sangat penting. Pada saat ruang / space pada disk kosong, maka disk akan bekerja dengan maksimal. Akan tetapi sebaliknya, ketika Disk itu penuh maka kinerjanya akan melambat. Dan akan menjadi tambah parrahnya lagi jika kita megistall aplikasi yang berukuran besar / membukanya, maka solusinya hapuslah file-file yang dianggap kurang pentg pada disk tersebut.

2. Update sistem

Penyebab lain yang dapat membuat kinera laptop / komputer melambat yakni kerusakan pada sistem ketika sedang di update, hal tersebut dapat terjadi akibat instalasi patch yang gagal ataupun ruang pada hard drive terlalu penuh dan tidak mampu menyimpan updatean terbaru OS tersebut.

3. Fragmentasi

Fragmentasi juga merupakan penyebab laptop / komputer menjadi lambat, malahan hal ini adalah penyebab utama laptop menjadi lelet. Dan biasanya kompunen yang diserang adalah disk, jika sudah terserag maka kinerja disk ini akan melambat 10 kali lipat dari biasanya.

4. Internet cache

Akibat akses internet yang terlalu sering dan kita malas untuk menghasup semua histori dari situs yang sudah kita kunjungi, maka histori tersebut akan tersimpan di hard drive dan biasanya disebut dengan cache. Sehingga akan membuat space pada hard drive menjadi penuh dan pastinya membuat kinerjanya lelet, maka dari itu usahakan untuk selalu menghapus setiap histori dari situs yang telah kita kunjungi.

5. Program start up

Sedikit orang yang tahu Program star up juga ternyata dapat menyebabkan laptop / komputer kita menjadi lambat, program ini biasanya muncul pada kanan bawah laptop dan biasanya program tersebut sifatnya penting. Akan tetapi, jika terlalu banyak maka sering terjadi bentrok antar program sehingga memperlambat waktu booting. Dan aplikasi yang akan kita buka prosesnya menjadi lambat.

6. Virus

Visrus atau malware memang dapat membuat sistem entah pada laptop, komputer maupun smartphone juga menjadi rusak, jika virus tersebut ganas dan tidak bisa kita atasi dengan antivirus maka pastinya kinerja dari laptop akan menjadi lambat.

Sudah tau kan sekarang beberapa penyebab yang mengakibatkan kinerja laptop / komputer lampat atau lelet, demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Sumber : Kutazo.net
0 Komentar untuk "Penyebab Utama Laptop / Komputer Menjadi Lambat atau Lelet"

Back To Top